:::: MENU ::::

Blog tentang materi IT atau ilmu teknologi.

  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

" Berbagilah Walau Setetes "

Saturday 21 September 2019


Pengertian Vlan

Vlan atau Virtual LAN adalah  suatu model jaringan  secara logical mampu membuat beberapa segmen atau beberapa alamat jaringan pada satu interface. seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung langsung pada jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada dalam segmen jaringan LAN yang berbeda.
Dimikrotik dalam satu interface mampu membuat 4095 vlan id, meski secara system mikrotik mampu membuat 4095 vlan id akan tetapi harus juga diimbangi dari spek Routerboard yang dipakai. Secara default vlan id dari sebuah port switch  adalah 1.

Pada post kali ini saya memberi nama skema satu. Karena pada post selanjutnya saya akan masih membahas vlan dengan topologi yang berbeda.

Topologi :

 
Konfigurasi.
1.    Pertama, buat vlan 100 dan vlan 200 di interface ether1.

  

22.    Kedua, konfigurasi IP Address pada interface vlan.



Optional, jika kita ingin agar client bias menggunakan DHCP, maka kita buat dulu DHCP Servernya.

  

Jika sudah, berpindah di Router kedua.

Pada router dua, kita juga harus membuat vlan dan kita arahkan yang mengarah ke router satu, pada topologi ether1 router satu mengarah ke ether 1 ke router dua.



Kemudian buat bridge.



 
Jika sudah kita tambahan port pada interface bridge tadi.



Pada gambar diatas kita melakukan bride interface ether3 dengan vlan 100 menggunakan bride br-vlan100 dan kita juga melakukan bridge interface wlan1 dengan vlan200 menggunakan br-vlan200. Jadi jika client terhubung  melalui interface ether3 maka akan mendapatkan IP jaringan vlan100 dan jika client terhubung melalui wlan, akan mendapatkan ip jaringan vlan200.

Jika client sudah terhubung melalui interface ether3 dan wlan1 serta sudah mendapatkan alamat ip dinamis maka pada menu DHCP Leases akan muncul  informasi dari perangkat client.




Itu tadi konfigurasi Vlan pada Mikrotik, next post masih membahas seputar vlan dengan topologi yang berbeda, sekian dari saya . Terimakasih..

0 komentar:

Fail Over dengan Recursive Gateway di MikroTIK

Mikrotik Mensupport adanya 2 link atau lebih, kita bisa mengaturnya  untuk menggunakan kedua-dua nya atau mengunakan salah satu nya, dengan...

Advertisement

" Jasa REMOTE JARINGAN berbasis LAN ( Mikrotik, Tenda, Totolink, TP-LINK, Ubiquiti, Linksys )
A call-to-action text Contact us